Di Mobile World Congress 2012 para vendor bereksplorasi untuk menghadirkan berbagai teknologi terbaru. Atau, mengembangkan teknologi yang sudah ada saat ini ke next level. Beberapa memang unik dan baru pertama dilakukan. Meski, ada juga vendor yang mencoba mengekor kesuksesan vendor lainnya. Nah, berikut beberapa teknologi terbaru di MWC 2012:

Nokia 808 PureView

Nokia sudah menegaskan bahwa kamera 41 MP milik Nokia 808 PureView bukan sekadar gimmick. Tagline-nya adalah “jepret dulu, zoom dan crop kemudian”. Dengan kerapatan gambar yang besar, maka pengguna bisa lebih fleksibel dalam melakukan croping, editing, dan lainnya tanpa khawatir akan noise yang mengganggu. Dengan 7728×5368 piksel, hasil foto diklaim bisa diperbesar hingga seukuran dinding kamar. Nokia berencana mengaplikasikan teknologi PureView ke perangkat lain. Saat ini PureView memang hanya tersedia pada telepon dengan sistem operasi Symbian Belle.

Sony Xperia P WhiteMagic

Sekilas, Sony Xperia P tidak berbeda dengan ponsel Android lainnya. Yang berbeda adalah layarnya. Sony menggunakan teknologi WhiteMagic untuk menambah subpiksel warna putih. Dampaknya, layar menjadi sangat terang dan cenderung resisten terhadap cahaya. Bahkan, paling terang dibandingkan ponsel yang ada saat ini. Inilah layar ponsel yang mampu “melawan” cahaya matahari secara langsung.

Windows 8 Consumer Preview

Di Mobile World Congress (MWC) 2012 Microsoft merilis versi “Consumer Preview” dari sistem operasi terbaru Windows 8. Tahun lalu, Windows 8 dikenalkan ke developer dan telah diunduh sebanyak tiga juta kali. Tahun ini konsumen bisa mencobanya langsung. Versi beta ini dapat digunakan oleh publik secara gratis. Microsoft menyebut Windows 8 memiliki rancang ulang paling signifikan sejak Windows 95. Utamanya desain “Metro Style” yang digunakan platform Windows Phone saat ini.

Galaxy Beam
Samsung memang tidak punya produk istimewa di MWC 2012. Tapi, mereka menghadirkan produk unik: Samsung Galaxy Beam. Yakni smartphone dengan proyektor high definition (HD) yang dapat memancarkan cahaya hingga lebar 15 inci pada 15 lumen. Galaxy Beam disematkan prosesor dual core 1 GHz, layar 4 inci WVGA beresolusi 480×800 piksel, memori internal 8 GB, baterai 2000 mAh, dan berjalan dengan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread).

LG Optimus Vu

Perangkat ini fungsinya mirip dengan Samsung Galaxy Note. Optimus Vu memiliki lebar sekitar 90,4 mm, sedangkan Galaxy Note adalah 83 mm. Meski memiliki dimensi yang lebih besar, Optimus Vu ternyata mempunyai layar yang lebih kecil, 5 inci, dibanding Galaxy Note yang memiliki layar 5,3 inci. Dimensi Optimus Vu yang lebih lebar ini disebabkan karena LG memiliki rasio layar 4:3 dengan LCD IPS beresolusi XGA (1.024 x 768 piksel). Selain memiliki fungsi dan dimensi yang mirip, Optimus Vu juga akan dibekali dengan stylus pen (sama seperti Galaxy Note).
Asus PadFone
Asus PadFone menawarkan kombinasi smartphone dengan docking tablet. Prosesor Padfone menggunakan Snapdragon S4 dengan inti ganda yang berlari pada kecepatan 1,5GHz. Layarnya 4,3 inci Super AMOLED qHD, dan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Sedangkan Asus PadFone Station dibekali layar 10.1 inci dengan resolusi 1920×1280 pixel plus Gorilla Glass. Ketika dicolok, PadFone akan memperoleh 5 jam tambahan untuk daya baterainya.

Iklan