Ponsel dengan prosesor quad core memang sudah banyak disebut sejak kemunculannya di Consumer Electronic Show (CES) 2012 di Las Vegas pada pertengahan Januari silam. Namun, di Mobile World Congress (MWC) lah teknologi ini akan mendapatkan amunisi untuk melesat. Dengan multi-core, proses komputasi pada ponsel bisa bekerja lebih cepat karena keempat prosesor bisa berbagai beban. Meski demikian, quad core saja ternyata tidak cukup. Para vendor membekali ponsel quad core mereka dengan berbagai fitur berbeda. Berikut adalah ponsel quad core terbaik di MWC 2012:

Smartphone Tercepat

Ada banyak vendor yang mengenalkan smartphone quad core di MWC 2012. Namun, smartphone multi-core tercepat di dunia justru dipegang oleh Ascend D milik Huawei. Smartphone ini menggunakan prosesor quad core K3V2 dengan tebal 8,9 mm. Layarnya lebar, mencapai 4,5 inci. Sudah meggunakan OS Ice Cream Sandwich, kamera 8 MP, dan baterai 1.800. Ponsel ini mulai dipasarkan pada kuartal kedua 2012.

Superphone, bukan Smartphone
Bayangkan jika teknologi DSLR dibenamkan ke dalam ponsel. Itu, yang terjadi pada HTC One X. Teknologi terbaru ImageSense mampu memotret dengan kecepatan 0,7 detik secara countinous (berkelanjutan). Penampang layarnya 4,7 inci, dengan prosesor quad core 1,5 GHz, kamera 8 MP, Beats Audio, NFC, baterai 1,800 mAh, OS ICS, dan memori 32 GB. Ponsel ini tersedia mulai April.

Quad core Terbaik
LG Optimus 4X HD adalah smartphone quad-core yang paling powerful. Prosesornya menggunakan Nividia 1.5GHz Tegra 3. Layarnya 4,7 incinya berdefinisi tinggi dengan teknologi True HD IPS, salah satu yang terbaik di MWC 2012. Sudah dibekali OS ICS, kamera 8 MP, memori 16 GB, serta baterai hingga 2,150 mAh atau cukup untuk mentenagai sebuah tablet. Ponsel ini akan diluncurkan di Korea untuk kali pertama.

Mini tapi Maksi
ZTE Era, produk flagship dari ZTE, memang mengagumkan. Ukurannya teramat tipis, hanya 7,8 mm. Tapi, kekuatan yang tersimpan di dalamnya bikin ngeri. Menggunakan prosesor quad core Nvidia Tegra 3, memori 8 GB, dan Android 4.0 ICS. Satu-satunya kelemahan adalah layar 4,3 inci QHD yang hanya beresolusi 960 x 540. ZTE era akan diluncurkan pertengahan tahun ini di Eropa dan China.

Tahan Air dan Debu

Mungkin hanya Fujitsu vendor yang mengembangkan teknologi anti-air. Vendor asal Jepang itu menunjukkan prototip ponsel dengan kamera 13,1 MP, sensor sidik jari, prosesor quad core 1.5Ghz Nvidia Tegra 3, layar 4,6 inci, LTE, OS Android 4.0 ICS, dan baterai yang tahan lama. Ponsel ini diklaim tahan air juga debu.