Tentu yang paling baru di iPad generasi ketiga adalah namanya. Ternyata tidak benar prediksi yang menyebut “iPad 3” ataupun “iPad HD”. Apple hanya menyebut iPad terbaru itu sebagai “iPad Baru”. Ini memang berbeda dengan penamaan iPhone yang sampai sekarang digunakan. Mulai dari iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S. Tapi, jika melihat penamaan jajaran produk Mac Apple, penamaan yang sama memang sudah tidak asing. Walau spesifikasinya terus menerus mendapatkan upgrade, tapi penamaan MacBook Pro atau MacBook Air tetap saja sama. Apa saja fitur dari iPad terbaru ini?

Prosesor A5X
A5X memang hampir sama dengan A5 yang digunakan di iPad 2: sama-sama dual core. Tapi, yang berbeda adalah prosesor grafisnya yang empat inti, membuat bermain game ataupun aktifitas multimedia tanpa kendala. Kekuatan prosesor ini juga diklaim 2 kali lipat dibandingkan Tegra 3.

Retina Display
Tidak tanggung-tanggung, pembaruan dalam teknologi retina display di layar iPad baru membuatnya menjadi tablet dengan layar paling tajam saat ini. Resolusinya mencapai 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci.

Kamera 5MP
Kemampuan kamera iPad 2 dikeluhkan karena kualitasnya yang “biasa-biasa” saja. Kini, Apple menjawabnya dengan kamera yang dapat merekam video full HD 1080p dalam 30 fps. Kamera ini serupa dengan milik iPhone 4S. Bedanya ada pada resolusi yang 5 MP, bukan 8 MP seperti milik iPhone 4S.

Asisten Suara
Bukan, bukan Siri. Memang iPad generasi ketiga punya kemampuan untuk mengubah suara menjadi tulisan. Istilahnya kita bisa membalas email hanya dengan berbicara. Tapi, walaupun mirip, ini bukan teknologi seperti yang ada pada Siri.

4G/LTE
Di Amerika 4G/LTE adalah teknologi yang sedang naik daun. Bahkan, hampir semua vendor ponsel sudah meluncurkan tablet/smartphone berteknologi 4G/LTE, yang bisa mengunduh data jauh lebih cepat itu. Tapi, di Indonesia, fitur hebat ini akan sia-sia karena jaringannya tidak tersedia.

Iklan