Selain paspor dan dompet, bisa jadi BlackBerry adalah hal terpenting saat kita sedang bepergian. Banyak fitur dan aplikasi yang jika di eksplor membuat perjalanan kita jadi jauh lebih mudah, juga ringkas. Seperti apa?

Tiga hari sebelum melakukan backpacking ke Malaysia selama sepekan, kesibukan Indra, 28, justru bukan menata barang bawaannya. Semua perlengkapan, baik baju, celana, maupun paspor sudah tersimpan rapi di backpack Deuter miliknya. Indra malah sibuk mengatur jadwal, to-do-list, serta mengunduh berbagai aplikasi di handset BlackBerry miliknya. Tujuannya, agar perjalanannya lebih mudah.

Salah satu aplikasi yang sedang asyik digunakan adalah BlackBerry Travel yang belum lama diluncurkan di Indonesia. ”BlackBerry Travel bisa digunakan untuk merencanakan perjalanan, memesan tiket, serta mengatur perjalanan,” ujar Indra.

Selain itu, sebelum pergi tidak lupa ia mengaktifkan layanan roaming internasional agar BlackBerry Messenger (BBM) maupun email tetap bisa berjalan. ”Kebetulan di Malaysia saya bisa mendapatkan layanan BB Full Service dari salah satu operator secara gratis. Sangat memudahkan,” katanya.

Jim Tobin, Senior Vice President Software dan Layanan di RIM, menyebut bahwa aplikasi seperti BlackBerry Travel menjadikan handset BlackBerry sebagai alat yang harus dimiliki oleh para wisatawan ataupun business traveler. ”Pengguna bisa mendapat informasi serta mengintegrasikannya dengan jadwal perjalanan, profil, update status penerbangan ke Kalender BlackBerry,” ujar Jim.

BlackBerry memang tidak kalah dengan smartphone lainnya dalam menjadi ”travel companion”. Tidak perlu lagi membawa peta, majalah berisi rujukan lokasi yang ingin di datangi, atau bahkan CD player untuk memutar musik. Karena semuanya bisa diakses dalam sebuah handset.

Merencanakan Perjalanan
Bahkan sebelum Anda benar-benar pergi keluar negeri handset BlackBerry sudah bisa digunakan. Yakni, untuk merencanakan perjalanan. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai. Mulai dari TripIt, WorldMate Live, dan BlackBerry Travel. Ketiga aplikasi ini memberikan informasi tentang rental mobil, hotel, cuaca di tujuan, hingga mengorganisasi data perjalanan Anda.

Sebelum ada BlackBerry Travel, Indra selalu mencatat setiap perjalanan jauh yang ia lakukan di TripIt. ”Informasinya cukup berguna, karena saya bisa tahu selama setahun itu perjalanan apa saja yang bisa saya lakukan, berapa lama, kemana saja, bahkan jumlah kilometer yang ditempuh,” bebernya.

Tentu yang dibutuhkan lainnya saat keluar negeri adalah informasi konversi mata uang. XE Currency, adalah salah satu aplikasi terbaik. Ada lebih dari 180 mata uang yang terdaftar. Pegguna bisa memonitor 10 mata uang sekaligus. Yang lebih menarik, aplikasi yang juga dapat diakses secara offline ini gratis.

Ada juga FancyTran, yang merupakan aplikasi penerjemah lebih dari 60 bahasa asing. Aplikasi ini tergantung pada konektivitas internet untuk menghubungkannya dengan mesin penterjemah Google dan Bing, ia juga dilengkapi dengan teks dan cara pengucapan serta fitur pengenalan suara. Aplikasi lain adalah Navita Translator

Lokasi Menarik di Sekitar Anda
Entah Anda sedang berada di Singapura, ataupun di kota-kota lain di Indonesia, alangkah baiknya untuk bisa mengetahui tempat-tempat lokal terbaik. Caranya? Dengan memanfaatkan aplikasi berbasis lokasi yang bisa memberikan berbagai informasi menarik di sekitar Anda.

Google Maps adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap traveler yang menggunakan BlackBerry. Sangat berguna jika kebetulan Anda tersesat, sedang mencari alamat, atau ingin mengetahui rute dan jarak dari satu titik ke titik lainnya.

Tapi, sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang bisa membantu perjalanan. Aplikasi Yoyo for BlackBerry, misalnya, menyuguhkan informasi penting di sekitar Bandung atau Jakarta. Mulai dari pom bensin, restoran, rumah sakit, kafe, dan lainnya. Tapi yang paling menarik adalah aplikasi ini bisa melihat kondisi jalanan lewat traffic cams/kamera CCTV yang sudah terpasang sekitar sepuluh ribu kota Jakarta dan Bandung.

Jika kebetulan Anda menggunakan angkutan umum untuk bepergian, ada cukup banyak aplikasi di BlackBerry yang bisa membantu. Aplikasi Angkutan Umum menyadikan informasi soal berbagai moda transportasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Mulai dari KRL Jabodetabek (Commuter), bis, mini bis, berikut rutenya. Aplikasi lain yang sangat fungsional dan memiliki fungsi hampir sama adalah Komutta.

Wisata Kuliner
Jika Anda adalah pehobi nongkrong dan ingin mencoba hal-hal baru saat traveling, ada sederet aplikasi yang bisa dicoba. Jajan, adalah satu diantaranya. Di dukung oleh database dari Urbanesia yang lebih dari 220.000 lokasi bisnis di seluruh Indonesia, Jajan memberikan informasi yang cukup detil dan akurat. Aplikasi ini berjalan maksimal di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Medan, dan Bali. Dan yang mengasyikkan, Jajan dapat dikoneksikan dengan BBM sehingga memudahkan berbagai dengan teman.

Aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan adalah Foursquare. Tidak hanya check in, aplikasi ini bisa digunakan mem-bookmark setiap lokasi pada saat Anda traveling. Caranya cukup lakukan check-in di setiap tempat yang Anda kunjungi. Anda bisa menemukan restoran, kedai kopi, hingga ATM terdekat.

Lainnya itu, ada Foyage, Domikado, dan Love Indonesia. Love Indonesia adalah ”superapps” yang mendapat banyak penghargaan karena fiturnya. Aplikasi portal gaya hidup ini memberikan panduan kepada pengguna dalam menemukan apapun yang dibutuhkan dengan beragam fitur pencarian.

Mulai dari ulasan regular, promosi-promosi potongan harga dari berbagai toko di setiap kota di Indonesia, juga informasi seputar restoran, hotel, belanja, film, berita, informasi lalu-lintas, acara, dan sebagainya.

Sementara itu, Foyage memiliki informasi di lebih dari 12.000 titik di kota-kota besar di Indonesia. Mulai dari restoran, ATM, mal, dan lainnya. Ada juga fitur trafik, dimana pengguna bisa mengetahui secara langsung kondisi lalu lintas di berbagai jalan di Indonesia (sudah terintegrasi dengan Google Maps). Domikado sendiri menyediakan informasi tentang info kurs, bioskop, restoran, jadwal TV, bioskop, hingga skor pertandingan terbaru. Pilih aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Iklan