Smartphone Nokia bersistem operasi Windows Phone 7.5 (Mango), Lumia 800 dan 710, akhirnya resmi dijual perdana di Atrium Senayan City Jakarta, Jumat-Minggu (17-19 Februari). Meski tidak menyebut angka pasti, namun pihak Nokia Indonesia mengklaim bahwa Lumia adalah salah satu pre-order tersukses mereka.

Country Manager Nokia Indonesia Matrin Chirotarrab tersenyum puas. Event pertama dan mungkin terpentingnya di Indonesia berjalan dengan lancar. Lumia, produk kunci Nokia di segmen smartphone disambut positif oleh pasar. Sejak pagi antrean pembeli sudah mulai terlihat di Atrium Senayan City. Bahkan ada pembeli yang sudah mengantre sejak malam hari sebelumnya. ”Ini akan menjadi awal dari sesuatu yang besar,” ujar Martin.

Memang pada penjualan khusus selama 3 hari itu pengunjung dimanjakan dengan banyak penawaran. Misalnya, lima puluh pembeli pertama Nokia Lumia 800 setiap harinya mendapatkan 1 buah notebook Hewlett-Packard (HP) Pavilion. Kemudian, ada 10 unit konsol Xbox 360 yang juga diundi setiap hari, bonus Nokia Gear Monster Headset WH 930 dan WH 920, serta paket internet gratis selama 12 bulan dari XL dengan kuota bulanan 1,2 GB dan HotRod 3G.

Pembeli pertama Nokia 800 Hendra, 21, mengaku sudah menginjakkan kaki ke Senayan City sejak Kamis (16/2) malam. ”Sejak tahu Nokia Lumia akan masuk ke Indonesia sekitar tiga pekan lalu, saya sudah mempersiapkan diri,” curhat mahasiswa Universitas Bunda Mulia Jakarta ini.

Fitur-fitur Nokia Lumia bisa dibilang mampu mencuri hati Hendra, yang juga seorang pengguna Android, BlackBerry, dan iOS itu. ”Desain Lumia cantik, simpel, juga ergonomis. Sedangkan Windows Phone saya rasa akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah melalui One Note, Excel, atau bahkan Power Point. Sinkronisasi jadi lebih mudah,” katanya.

Namun, tidak semua pembeli Lumia adalah early adopter atau trendsetter, yakni mereka yang ingin mengadopsi terknologi terbaru secepat mungkin seperti Hendra. Teten, yang membeli Nokia Lumia 800 warna cyan, mengaku bukanlah penggemar gadget. Ia pernah menggunakan smartphone bersistem operasi Android tapi tidak merasa cocok. Maka, Teten kembali ke ponsel Nokia S40 lamanya. Saat tahu Nokia merilis Lumia, Teten kembali tergugah untuk mencoba menggunakan smartphone lagi.

Lalu, bagaimana kesan pertamanya? ”Suka sekali. Menunya yang serbapersegi sepertinya lebih gampang diakses. Yang penting untuk saya akses ke Facebook atau Twitternya bisa lebih cepat,” ujar Teten sambil asyik mencoba kemampuan kamera ponsel barunya itu.

Keberhasilan penjualan perdana ini akan menjadi energi baru bagi Nokia Indonesia dalam mengakselerasi Lumia. Dalam waktu dekat, 31 Nokia Store pilihan di kota-kota besar di Indonesia akan diganti namanya menjadi Lumia Store. Saat ini tercatat baru ada 12 Nokia Store yang berubah jadi Lumia Store. Antara lain di Senayan City, Kelapa Gading, dan kota seperti Makassar.

Martin Chirotarrab sendiri menjanjikan lebih banyak lagi varian Lumia dalam beragam harga yang akan dihadirkan di Indonesia dalam waktu dekat. ”Kami juga akan berinvestasi di retail dan channel partner, juga mendorong ketersediaan Marketplace lokal,” katanya.

Neil Gordon, vice president of sales Nokia Southeast Asia Pacific, menyebut bahwa Indonesia adalah ”criticly important”, market yang teramat penting bagi Nokia. ”Indonesia adalah market yang sangat kokoh di berbagai lini. Sebagian menyebut Indonesia developing market atau emerging market, tapi saya lebih suka mengistilahkan dengan connected market,” katanya.

Nokia Lumia 800
– Prosesor Qualcomm MSM8255 1,4GHz
– RAM 512MB
– Memori internal 16GB (tanpa slot MicroSD)
– OS Windows Phone 7,5 Mango
– Layar sentuh 3,7 inci AMOLED dengan lapisan kaca Gorilla Glass, dan beresolusi 800 x 400 piksel
– Kamera 8MP berlensa Carl Zeiss f/2.2 dengan LED flash
– Dimensi: 116,5 x 61,2 x 12,1 mm
– Berat: 142 gram
– Tombol: power, volume, kamera
– Konektivitas: MicroUSB, MicroSIM, Jack audio 3,5 mm, Bluetooth, Wi-Fi
– Baterai BV-5JW 3,7 V 1.450 mAh
– Harga Rp 5.250.000,-

Nokia Lumia 710
– Prosesor Qualcomm MSM8255 1,4GHz
– RAM 512MB
– Memori internal 8GB (tanpa slot MicroSD)
– OS Windows Phone 7,5 Mango
– Layar sentuh 3,7 inci dengan lapisan kaca Gorilla Glass, dan beresolusi 800 x 400 piksel
– Kamera 5MP f/2.4 dengan LED Flash
– Dimensi: 119 x 62,4 x 12,5 mm
– Berat: 126 gram
– Tombol: power, volume, kamera
– Konektivitas: MicroUSB, MicroSIM, Jack audio 3,5 mm, Bluetooth, Wi-Fi
– Baterai BP-3L 3,7 V 1.300 mAh
– Harga Rp 2.900.000,-

Iklan