Apps Planet menggunakan pulsa untuk sistem pembayaran. Begitu memilih buy untuk aplikasi yang ingin diunduh, pengguna akan mendapatkan SMS noftifikasi “ya” atau “tidak”. Cara pembayaran ini tak hanya aman, tapi juga cepat.

Banyak pengembang aplikasi Android lokal yang merasa kesulitan memasarkan karya mereka di Android Market. Sistem pembayaran (kartu kredit/PayPal) membuat aplikasi mereka sulit terjual oleh pengguna Android lokal. Kurangnya promosi juga membuat pengembang lokal sulit bersaing dengan 100.000 publishers serta total 400.000 aplikasi di Market.

Berangkat dari situ, vendor ponsel lokal S Nexian mengambil inisiatif untuk mengembangkan toko aplikasi mereka sendiri: S Apps Planet. Toko aplikasi ini sudah pre-loaded di tiga smartphone Android Xtreme, Cosmo Journey, dan Xplorer terbaru yang diluncurkan di SeaWorld Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol, Jumat (3/2) silam.

Tentu S Apps Planet memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Android Market. Menurut CEO Selular Group Martono Jaya Kusuma, keunggulan pertama adalah sistem pembayaran potong pulsa yang sangat cocok untuk pasar Indonesia. Martono mewanti-wanti bahwa sistem SMS berbayar ini sangatlah aman. ”Karena konfirmasinya jelas, dan pengguna selalu mendapat notifikasi,” ujar Martono. Operator yang mendukung sistem pembayaran itu termasuk Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Sedangkan keunggulan kedua adalah proximity alias kedekatan. S Apps Planet yang di sebut Martono sebagai ”warung aplikasi” ini menguntungkan pengembang maupun pengguna. Pengguna bisa lebih mudah dalam mencari ataupun membeli aplikasi lokal sesuai kebutuhannya. Sedangkan pengembang makin gampang memasarkan aplikasinya langsung ke user lokal.

Memang pengguna Android S Nexian saat ini jumlahnya tidak terlalu besar. Pada 2011, misalnya, praktis S Nexian hanya punya dua produk Android. Yakni Nexian Journey (A890) dan Nexian Tab Genius NX-A7500. Namun, menurut Martono Android menjadi salah satu fokus S Nexian pada 2012.

Termasuk pula dalam mengembangkan S Apps Planet. Saat ini katalog konten S Apps Planet masih sangat terbatas. Hanya ada puluhan aplikasi lokal dan beberapa aplikasi internasional. Namun kedepannya tidak hanya kuantitas yang diperbaiki, namun juga kualitas dari aplikasinya itu sendiri.

Tentu selain aplikasi dan game, ada juga konten seperti wallpaper, live wallpaper, musik, dan audio. Harga konten di S Apps Planet berkisar antara Rp1.000 hingga Rp20.000. Izaak Genie, CEO Metrotech Makmur Sejahtera menyebut bahwa S Apps Planet justru lahir dari inisatif Google. ”Mereka (Google) datang ke kita, menyebut bahwa trafik mobile Indonesia terbesar ketiga dunia, tapi user yang membeli aplikasi Android sangat sedikit,” ujarnya.

Target Tinggi
Tahun ini S Nexian menargetkan penjualan hingga 5 juta handset dari total perkiraan penjualan ponsel di Indonesia yang mencapai 45 juta-50 juta unit pada 2012. Tahun lalu, S Nexian mampu menjual 4,5 juta-4,8 juta unit ponsel. Meski demikian, ponsel berbasis Android yang ditargetkan hanya 6 persen atau sekitar 300.000 unit dari total target mereka.

Menurut Martono, diluncurkannya Xtreme, Cosmo Journey, dan Xplorer merupakan pemanasan bagi S Nexian untuk masuk ke pasar Android. Dengan harga dibawah Rp2 juta, ketiganya ditargetkan terjual sebanyak 50 ribu unit. Menurut Martono, akan terjadi perubahan besar pada OS Android tahun ini. Yakni dengan diluncurkannya ponsel Android yang harganya lebih murah.

S Nexian Xplorer NX-A712, misalnya, dipasarkan Rp799.000. Ponsel tersebut menggunakan Android 2.2 (Froyo), dual GSM, layar 3,2 HVGA, serta kamera 2.0 MP. Inilah ponsel Android termurah saat ini. Sedangkan S Nexian Cosmo Journey NX-A895 dan S Nexian Xtreme NX-A899 menyasar segmen menengah. Nexian Xtreme menggunakan Android 2.3 (Gingerbread), dual SIM card, layar 4.0 inci WVGA, kamera 5.0 MP, dan dipasarkan seharga Rp1.799.000.

Cosmo Journey sendiri dibekali Android 2.3, dual sim card, layar 3.5 inci HVGA kapasitif, kamera 3.0 MP, dipasarkan seharga 1.299.000. Ketiganya menggunakan prosesor keluaran perusahaan teknologi Mediatek.

Iklan