Samsung Galaxy Tab 7.7

Tahun 2011 menjadi momen penting bagi perkembangan tablet di Indonesia. Di momen tersebut pertumbuhan market size tablet mencapai puncaknya : meningkat hingga 10 kali lipat.

Itu juga lah yang membuat PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) terus fokus untuk membawa lini produk tabletnya ke Indonesia. Bulan ini mereka akan mengenalkan Samsung Galaxy Tab 7.7 yang semakin memperluas pilihan ukuran tablet mereka. Saat ini pun Samsung sudah menjadi vendor di Indonesia (dan dunia) yang memiliki jenjang ukurang tablet terbanyak. Mulai hibrida tabelt-smartphone Galaxy Note yang 5,3 inci, Galaxy Tab P1000 (7 inci), Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Tab 8,9, serta Galaxy Tab 10.1.

Apakah setiap model itu dapat menarik pembeli berbeda? Jawabannya ya. Selain segmentasi tablet memang sangat luas, selama 2011 pasar tablet di Indonesia ibarat balon yang sedang diisi udara: menggelembung dengan cepat! Di awal tahun hanya ada 4-5 brand saja yang bersaing dipasaran. Tapi dalam waktu singkat pasarnya menjadi sangat sesak dengan brand baru yang muncul secara sporadis, mencapai 35 brand.

Pada November 2011, market size tablet di Indonesia tumbuh 1000 persen. Lembaga survei GfK mencatat penjualan tablet hingga bulan Oktober 2011 mencapai 170 ribu unit. ”Sebagai pemimpin pasar tablet, kontribusi Samsung lewat model Galaxy Tab terhadap menggelembungnya market sized tablet di Indonesia sangat besar,” ujar Fabian Kayatmo, Product Marketing Senior Manager Business Department Samsung. Bahkan, Indonesia berada di posisi enam besar penjualan tablet Samsung secara global. Apakah tahun ini tablet masih akan tumbuh? Jawabnya sekali lagi. Namun, menurut Fabiant, mungkin tidak akan sedrastis tahun lalu.

Terbaik, Termahal

Ukuran Galaxy Tab 7.7 berada diantara 7 inci dan 8,9 inci. ”Kami tujukan untuk konsumen yang merasa 7 inci masih terlalu kecil, tapi 8,9 inci sedikit kebesaran,” ujar Product Manager PT SEIN Adinda Nesvia. Walau ukurannya lebih besar dibanding Galaxy Tab P1000 dan 7.0 Plus, tapi Galaxy Tab 7.7 justru terasa lebih kompak. Ternyata, karena ukurannya sendiri dipangkas. Bodinya begitu tipis, hanya 7.89 mm dengan berat 340 gram.

Galaxy Tab 7.7 yang dibekali prosesor Dual Core 1.4 GHz itu juga menjadi tablet tercanggih dan termahal yang pernah diluncurkan PT SEIN di Indonesia. Dipasarkan di harga Rp7.499.000 dengan satu pilihan memori: 32 GB dan paket bundling operator XL. Jelas, dengan rentang harganya tablet tersebut ditujukan untuk segmen yang lebih premium, mereka yang gaya hidupnya sudah sangat akrab dengan teknologi atau technology savvy.

Menurut Adinda, ukuran 7 inci adalah model tablet Samsung terlaris hingga saat ini. ”Ukuran ini menjadi best seller, karena kompak dan harganya bersaing,” katanya. Dan bukan tanpa alasan jika Tab 7.7 disebut sebagai tablet terbaik yang ada saat ini. Layarnya menggunakan Super Amoled Plus, sehingga kadar kontrasnya tinggi dan lebih tajam. Sedangkan prosesornya berinti ganda 1.4 GHz yang powerful.

Selain itu ukurannya juga amat kompak. Tebalnya hanya 7.89 mm atau sudah masuk ke wilayah smartphone. Sedangkan beratnya hanya 335 gram (12 ons) yang membuatnya menjadi perangkat paling ringan di pasaran. Dimasukkan ke saku atau jas pun tidak masalah. Desain elegan linier fitur penutup logam dan rangka yang di desain melengkung memberikan kesan ramping dan nyaman untuk digenggam. Berkat kekuatan 5.100 mAh, pemutaran video di Galaxy Tab 7.7 diklaim mampu bertahan hingga 10 jam.

Galaxy Tab 7.7 di dukung Android Honeycomb 3.2 yang telah dioptimalkan untuk tablet setipis 7 inci dengan mode zoom kompatibilitas terbaru. Hal ini mengoptimalkan aplikasi-aplikasi yang tidak dirancang untuk ukuran layar yang lebih besar, sehingga mereka cocok diseluruh layar tanpa gangguan. Selain itu, tablet didukung dengan MicroSD berkapasitas 32 GB untuk dapat langsung mentransfer file media.

Pengalaman penggunaan Samsung TouchWiz dirancang dengan menu panel secara langsung untuk menyesuaikan layar utama Galaxy Tab 7.7 dengan gambar digital, situs web, dan jejaring sosial. Selain itu, TouchWiz UX ”mini Apps” merupakan salah satu fitur umum yang dapat mengoperasikan task manager, kalender dan pemutar musik secara bersamaan disaat aplikasi lainnya sedang digunakan. Lainnya itu, masih ada fitur clipboard yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menyisipkan teks dan gambar.

Galaxy Tab 7.7 menampilkan pemutaran 1080p full HD, DivX termasuk multi codec dan mikro SD yang berdefinisi tinggi. Perangkat ini juga mencakup fungsi penggunaan remote kontrol, yang memungkinkan pengaturan dari keseluruhan sistem hiburan dirumah seperti – TV, set top box, DVD, Blu-ray player, AV audio system hanya melalui satu perangkat.

Samsung Hub Services menawarkan akses mudah untuk masuk ke konten permainan, eBook, musik dan lainnya. Galaxy Tab 7.7 adalah tablet ponsel pertama untuk menyertakan permainan Hub pre-loaded. Layanan Hub ini, misalnya Music Hub Samsung yang menawarkan 15 juta lagu untuk diunduh dan dimainkan.

Layanan Readers Hub memiliki perpustakaan yang mampu dimuat dengan lebih dari 2,3 juta buku, 2.000 surat kabar dan 3.000 majalah sampai dengan 49 bahasa. Galaxy Tab 7.7 juga menawarkan kecanggihan suara dan video calls untuk komunikasi yang lebih baik. Sehingga tidak perlu lagi membawa headset atau Bluetooth untuk melakukan panggilan keluar.

Produk Spesifikasi Samsung GALAXY Tab 7.7
Layar 7.7” [2] 1280×800 (WXGA) Super AMOLED Plus
Prosesor 1.4GHz Dual Core application processor
Jaringan HSPA+ 21Mbps 850/900/1900/2100
EDGE/GPRS 850/900/1800/1900
Memori 8Gb LPDDR2 (RAM),
16/32/64GB movi NAND + microSD (up to 32GB)
Kamera 3MP AF LED (Main) + 2MP FF (Front)
Konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n (2.4GHz & 5GHz), 802.11n WiFi Ch. Bonding, WiFi Direct,
BT v3.0, USB 2.0 Host
Audio MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA
Video MPEG4, H.263, H.264, WMV, DivX, Xvid (1080p FullHD video @ 30fps)
GPS A-GPS
Ukuran 196.7x 133 x 7.89mm, 335g
Baterai 5,100 mAh
OS Android Honeycomb 3.2v
Pesan Social Hub (Integrated phonebook with SNS, IM, E-mail)
LBS Google Maps (Turn-by-turn Navi.)
Solusi Perusahaan EAS IT Policy, MDM (Sybase Afaria), VPN (Cisco/F5), ODE (On device encryption), Cisco WebEx
Aplikasi Lainnya Android Market/ Samsung Apps
Readers/Music/Game/Social Hub (Availability differs by region)
Universal Remote Control
Aplikasi PC Samsung Kies, Kies Air


Tinggalkan komentar...

4 thoughts on “Samsung Galaxy Tab 7.7”

  1. Salam kenal mas…

    saya emang minat mo bli SGT, dan setelah baca tulisan mas di SGT Review saya semakin tertarik untuk punya gadget ini.

    yang mo saya tanyakan, mnding mana SGT 7 plus ato 7.7?
    karna stelah saya liat spek nya, selain dr ukuran fisik yg lbh tipis dan ringan, layar yg uda Amoled, dan prosesor lbh cepat, sebenernya ga ada yg beda antara 7.7 dan 7 plus, tapi perbedaan harganya bisa smpe 2 jtan. Yang jd prtimbangan saya, apakah worth it perbedaan 2 jt itu. menurut mas bgmn?

    tx

  2. Thanks mas Arga, pertanyaan yang sangat menarik. Apakah “worth it” membayar =-Rp2 juta untuk Galaxy Tab 7.7? karena bedanya “hanya” ada di layar Super AMOLED Plus, prosesor lebih cepat, dan fisik lebih tipis?

    Oke, mau tidak mau saya harus bertanya lagi ke Anda, bagaimana cara Anda mengonsumsi tablet dan seberapa peduli Anda terhadap fisik?

    Menurut saya, dengan harga yg sangat mahal Rp7,5 jutaan PT SEIN sengaja memosisikan Tab 7.7 sebagai tablet premium. Memang diikuti oleh fitur terbaik. Prosesor dual-core 1,4 GHz yang cepat. Layar S Amoled Plusnya tajam dan warnanya terang banget. Ukuran 7.7 inci yang mayan jauh lebih gede dari 7.0 Plus tapi tetap terasa kompak karena ukurannya yang sangat tipis dan ringan banget itu (benar-benar terasa bedanya waktu saya hands on pertama kali). juga, kapasitas memori yang hanya pun ada 32 GB (tidak ada 16 GB).

    Karena itu, pertanyaan saya diatas jadi penting. Kalau memang hal-hal kecil itu punya pengaruh besar dalam kenikmatan Anda mengonsumsi konten di tablet, kalau memang Anda punya ekspektasi yang sangat tinggi terhadap sebuah tablet, maka bisa jadi 7.7 tepat untuk Anda.

    Saya pikir 7.7 bukan untuk newbie yang baru pertama pegang tablet dan kenal Android. Tapi buat mereka yang sudah beberapa kali ganti tablet berbeda, seorang tech savvy, memiliki kebutuhan konsumsi konten yang sangat tinggi (nonton film/baca majalah/berinternet dll), serta menghabiskan berjam-jam dalam sehari mengutak-atik tablet mereka.

    Secara tidak langsung orang-orang seperti ini memiliki ekspektasi tinggi terhadap tablet karena punya dampak besar terhadap kegiatan dan gaya hidup sehari-harinya. Sebab dia akan memaksimalkan semua perbedaan fitur yang ditawarkan 7.7. Ia merasakan ketipisan dan berat 7.7 begitu beda dengan 7.0 Plus misalnya. Ia juga bisa menikmati beda 0.7 inci yang lebih besar saat menonton video, contohnya. dan seterusnya.

    Sebaliknya, jika bukan termasuk kriteria tech savvy yang saya sebutkan diatas, tentu boleh-boleh saja membeli 7.7. Tapi, menurut saya, akan banyak fitur-fitur baru itu yang tidak akan dimaksimalkan.

    Berikut ini adalah perbandingan harga tablet Galaxy Samsung di Indonesia, mungkin bisa dijadikan sedikit rujukan. Semoga harganya masih update yah. Tengkyu. Semoga informasi dari saya membantu.

    Galaxy Tab P1000 – diluncurkan Januari 2011 (Rp4,7 juta-Rp5,3 juta)
    Galaxy Tab 10.1 diluncurkan Juli 2011 (Rp5,950 juta dan Rp6,950 juta)
    Galaxy Tab 7.0 Plus diluncurkan Oktober 2011 (Rp5,475 juta)
    Galaxy Tab 8.9 diluncurkan Oktober 2011 (Rp5,475 juta)
    Galaxy Note 5.3 – diluncurkan November 2011 (Rp5,475 juta)
    Galaxy Tab 7.7 – Januari 2011 (Rp7,499 juta)

  3. gan..

    ane baru beli tab 7.7 mangkanya masih bingung penggunaannya.
    mohon dishare dong gimana cara ganti account gmail pada yg dimasukkan untuk regristrasi. kemudian gimana juga cara keluar dan ganti account facebook di tab 7.7 tersebut

    thanks banyak dan maaf ya gan ane gaptek

  4. di layar ada icon f setelah masuk ternyata nggak bisa keluar gimana nih gan cara keluar account facebook di tab 7.7 tersebut

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.