Jika 2010 menjadi perkenalan komputer tablet, maka 2011 adalah momen ketika tablet jadi bagian gaya hidup konsumen. Tahun ini tablet akan masuk ke segmen korporasi, digunakan oleh UKM dan bisnis besar untuk mengembangkan bisnis mereka.

Wajar jika 2011 disebut sebagai era meledaknya komputer tablet. Lembaga riset Gartner memperkirakan bahwa penjualan tablet global selama setahun penuh itu bisa tembus ke 63,6 juta unit. Jika dibandingkan 2010 yang hanya 17,6 juta unit, kenaikannya mencapai 261,4 persen!

Pada 2012 pun eskalasi produksi tablet tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Karena Gartner memperkirakan pada akhir 2015 nanti penjualan tablet bisa mencapai 326,3 juta unit. Yang artinya produksi tablet akan terus berlipat ganda setiap tahunnya.

Dan jika tahun lalu sebagian besar dari kita hanya memanfaatkan tablet sebatas konsumsi konten (membaca berita, mengonsumsi video/musik, bermain game), maka dalam beberapa bulan ke depan kita akan melihat tablet yang dimanfaatkan sebagai content production atau media untuk melakukan kegiatan produktif.

Vice president Gartner David Willis mengatakan bahwa saat ini orang sudah semakin tergantung pada smartphone maupun tablet untuk menunjang pekerjaan mereka.

”Para CEO yang saya temui lebih senang menggunakan tablet untuk mendistribusikan materi rapat. Sedangkan sales personel/sales force sudah menggunakan tablet untuk berhadapan dengan klien,” ujarnya.

Maka, rasanya sudah tinggal selangkah lagi bagi tablet untuk menjadi media penunjang aplikasi enterprise yang menuntut standar keamanan tinggi itu.

”Kita akan melihat versi tablet dari enterprise resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), serta aplikasi-aplikasi bisnis lain yang dirilis oleh berbagai pengembang peranti lunak,” ujar Willis.

Intinya, saat ini pun para pengembang software dunia sudah menganggap serius segmen tablet dan mempersiapkan produk mereka untuk bisa berjalan disitu.

Ternyata survei dengan hasil kurang lebih sama dilakukan juga oleh lembaga riset pasar NPD (National Purchase Diary) Group. Hasil riset NPD memperlihatkan betapa tingginya keinginan para pebisnis, UKM, maupun perusahaan besar untuk mengadopsi komputer tablet dalam bisnis mereka.

Hampir 75% small medium business (SMB) atau UKM di Amerika berencana untuk membeli tablet untuk staf mereka pada 2012 ini. Bahkan keinginan yang lebih besar dimiliki oleh perusahaan yang lebih besar pula.

Sekitar 54% dari perusahaan yang memiliki kurang dari 50 karyawan mengaku ingin menggunakan tablet. Sedangkan di perusahaan dengan 500-1000 orang pegawai, jumlahnya mencapai 89%.

”Survei tersebut menunjukkan bahwa korporasi baik dari skala kecil maupun besar ingin mengkapitalisasi fenomena tablet,” ujar Stephen Baker, VP analisa industri NPD.

Pertanyaannya kemudian adalah, tablet mana yang menarik hati perusahaan-perusahaan itu? Ternyata iPad berada di tempat teratas dengan 73% pemilih yang sebagian besar ternyata adalah korporasi-korporasi besar. ”Survei ini menjadi indikator yang menegaskan bahwa iPad bukan semata-mata produk untuk konsumen. Tapi ternyata diminati juga untuk enterprise,” kata Baker.

Sejauh ini memang belum ada tablet yang memang diciptakan untuk enterprise. BlackBerry PlayBook sebenarnya sangat bussines-friendly, tapi di Amerika popularitasnya terus merosot. Selain itu PlayBook juga punya masalah vital : tidak memiliki email client bawaan.

Kandidat kuat lainnya adalah Samsung Galaxy Tab yang mengusung OS Android Honeycomb serta Kindle Fire buatan Amazon yang penjualannya pada Desember lalu mencapai 4 juta unit. Tapi, keduanya masih sulit untuk mengalahkan popularitas iPad.

Sebab studi lain yang dilakukan oleh Model Metrics menunjukkan hasil serupa. Sebanyak 83 persen dari 448 perusahaan global yang mereka survei mengaku berencana untuk menggunakan iPad setidaknya hingga 2013 mendatang.

Meski, bisa jadi juga angka 83% itu akan berubah. Sebab, para pertengahan tahun ini iPad akan punya rival berat. Yakni, kedatangan sistem operasi Windows 8 milik Microsoft.

Windows 8 di desain untuk dua segmen sekaligus : tablet dan desktop PC. Nantinya akan ada Windows 8 yang berjalan pada tablet saja. Juga Windows 8 yang berjalan di desktop PC namun memiliki tampilan tablet (Metro style) dan desktop.

Karena itu, jika nanti perusahaan-perusahaan besar itu memang akan mengadopsi tablet sebagai bagian dari bisnis, bisa jadi mereka akan memilih Windows 8 yang sudah banyak digunakan di Departemen IT mereka.