Pembeli Pertama PS Vita diapit oleh SCE president Andrew House dan Sony executive vice president Kazuo Hirai (R) PlayStation Vita dilepas di Jepang akhir pekan lalu dengan ambisi besar. Inilah mesin game portabel yang diharapkan bisa melampaui penjualan PlayStation Portable/PSP (73 juta unit) serta memberikan sutikan profit kepada Sony Corp. yang terus merugi.

Peluncuran PlayStation Vita di Jepang, Sabtu (17/12) silam, membawa angin positif bagi Sony Corp. Ibarat Apple yang dinanti warga Amerika, sejak dini hari ratusan gamer berbondong-bondong memadati distrik Ikebukuro, Tokyo. Mereka ingin menjadi pembeli pertama Vita, mesin game portabel yang diklaim memiliki fitur jauh lebih baik dibanding pendahulunya, PSP.

Melalui blognya, President Sony Computer Entertainment Japan Hiroshi Kono mengaku puas, menganggap fenomena ini sebagai awal yang baik. Bagi Sony, Vita adalah produk terpenting dan terbesar mereka sejak PlayStation 3 yang diluncurkan lima tahun silam.

Karena itu, mereka tidak mau kecolongan seperti rival mereka Nintendo 3DS. Gara-gara minimnya game yang menarik untuk dimainkan, penjualan Nintendo 3DS terseok. Ujungnya, dalam waktu enam bulan setelah peluncurannya Nintendo terpaksa memangkas harga 3DS hingga 40 persen.

Vita jauh lebih siap. Dalam peluncurannya sudah ada 24 judul game yang bakal menarik perhatian para gamer. Antara lain Call of Duty, Dungeon Defenders, FIFA Football, Final Fantasy X, Killzone, Metal Gear Solid HD, hingga Plants vs. Zombies. Tak heran jika Sony memberi target besar kepada Vita: melebihi sukses PSP yang sudah terjual hingga 73 unit sejak diluncurkan pada 2004.

Tak hanya itu, Vita juga diharapkan dapat memberikan profit besar bagi Sony Corp. yang mengalami momen berat sejak lima tahun terakhir ini. Mereka terus menerus merugi di berbagai lini bisnisnya, baik di bidang televisi, film, musik, ataupun handset.

Kendati demikian, analis dari Mito Securities Keita Wakabayashi mengungkap bahwa kesuksesan pre-order Vita tidak menjamin sukses di masa mendatang. ”Penjualan Vita sangat tergantung dari ketersediaan game pendukung. Jika nanti banyak game bagus seperti Monster Hunter, Vita mungkin bisa sukses. Tapi jika tidak, jangan berharap banyak,” beber Keita. Monster Hunter adalah game yang sangat populer di Jepang dan memiliki peran besar terhadap penjualan PSP.

Jika dilihat dari kompetitornya, Nintendo 3DS masih akan menjadi pesaing terbesar Vita. Kini dengan harga yang dipangkas menjadi USD170 (Rp1,6 jutaan), pihak Nintendo menargetkan penjualan 3DS hingga 16 juta unit pada Maret 2012 mendatang. Harga Vita yang baru akan diluncurkan pada 22 Februari mendatang di Amerika dan Eropa memang lebih mahal, yakni USD249 untuk wi-fi dan USD299 versi 3G.

Tahun depan industri game memang diprediksi tumbuh sangat besar. Marketnya bisa mencapai tiga kali lipat lebih besar dibandingkan industri musik dunia. Menurut firma riset DFC Intelligence, market size industri game mencapai USD81 miliar pada 2016 mendatang.

Hanya saja, pertumbuhan terbesar industri game saat itu ada di bidang online, sosial, dan game kasual. Zynga adalah salah satu perusahaan yang dalam waktu singkat tumbuh sangat besar di bidang social game. Banyak juga analis yang pesimistis terhadap game konsol dan portabel, yang akan diterhempas dengan kehadiran smartphone dan tablet dengan grafis yang jauh lebih baik dan beragam game yang murah dan atraktif.

Istimewanya Vita

Vita berarti hidup dalam bahasa latin. Mesin game portabel ini secara resmi dikenalkan Sony di acara Electronic Entertainment Expo (E3), di Los Angeles, California, Juni 2011 silam. Tidak sekadar facelift, Vita memiliki perbedaan cukup signifikan dibandingkan PSP. Keistimewaan itu salah satunya datang dari konektifitas, yang tidak hanya mendukung Wi-Fi, tapi juga 3G.

Fitur yang dibenamkan di dalam Vita juga mengubah cara pengguna memainkan game. Layar OLED-nya berukuran 5 inci (960 x 544 pixel) dan dapat disentuh. Dibagian belakang ada pad multitouch unik, yang juga berguna sebagai media kontrol di dalam game. Pad tersebut dimaksudkan agar gamer dapat berinteraksi langsung dengan game-game 3D yang menggunakan gerakan jari seperti sentuhan, mengambil, menyusuri, mendorong dan menarik.

Selain kamera depan dan belakang, ada juga dua buah stik kontrol analog yang memungkinkan jangkauan yang lebih luas untuk game yang memang memerlukan perlakuan khusus, seperti game shooters, action, dan game fighting. Yang menarik, selain bermain game, Vita juga mengedepankan fitur jejaring sosial. Mesin game ini bisa digunakan untuk video chat hingga mengakses Twitter dan Facebook.

Berikut Spesifikasi Sony PlayStation Vita:
Model: PCH-1000 series
CPU: ARM Cortex-A9 core (4 core)
GPU: SGX543MP4+
Dimensi: 182.0mm x 18.6mm x 83.5mm
Layar sentuh : 5 inci (16:9), 960 x 544, ~16 million colors, OLED multi touch screen (kapasitif) dan
multi touch pad di belakang (kapasitif)
Kamera: Depan dan belakang
Sound: Built-in stereo speakers/Built-in microphone
Sensor: Six-axis motion sensing system (three-axis gyroscope, three-axis accelerometer), Three-axis electronic compass
Location: Built-in GPS / Wi-Fi location service support
Konektifitas: Mobile network (3G), (Wi-Fi), Bluetooth 2.1+EDR (A2DP/AVRCP/HSP)
Slot: PlayStation Vita card slot, Memory card slot, SIM card slot (3G/Wi-Fi), Multi-use port (for USB data communication, DC IN, Audio [stereo out /mono in], Headset jack (Stereo mini jack)

Iklan