Ticktab.com akan meramaikan layanan pemesanan hotel online yang saat ini masih didominasi oleh perusahaan internasional. Mereka menyasar para traveler domestik maupun mancanegara di Indonesia yang jumlahnya mencapai 130 juta orang. Sekitar 7 juta dari angka itu adalah wisatawan asing yang sudah sangat akrab dengan layanan booking hotel via internet.

”Kami ingin menjadi tempat pemesanan hotel online yang mudah dan nyaman,” ujar Anton Toha, Chief Executife Officer ticktab.com di Crown Hotel, Jumat (11/11) silam.

Sejak dikembangkan tiga bulan silam, saat ini jumlah hotel yang bekerjasama dengan ticktab.com memang baru sekitar 200-an. Masih jauh jika dibandingkan Agoda,com, Booking.com, Wotif.com, tripadvisor.com, ataupun Hotelbeds.com yang jejaringnya sudah mendunia.

Namun, Ticktab.com memiliki target besar. Antara lain bekerja sama dengan 800-1000 hotel selama 12 bulan kedepan. Juga, memperluas layanan ke jaringan hotel di Singapura. Untuk menguatkan layanannya, Ticktab.com sudah dapat diakses melalui aplikasi mobile seperti BlackBerry, iOS, dan Android.

Anton mengaku, pihaknya menggenggam layanan kunci yang tidak dimiliki kompetitor. Pertama, adalah nofitikasi secara real time. Setelah melakukan booking kamar dan melakukan pembayaran, maka voucher hotel langsung dikirimkan ke email saat itu juga. Kedua adalah servis. Menurut Chief Marketing Officer Ticktab.com Edwin Subowo, ada kecenderungan konsumen Indonesia untuk menghubungi pihak hotel/agen setelah melakukan booking untuk sekadar memastikan. ”Nah, kami menyediakan tim customer service yang bisa dikontak melalui telpon ataupun chat selama 24/7,” katanya.

Terakhir adalah soal sistem pembayaran Ticktab.com yang selain mendukung kartu kredit juga melalui debit card. Seperti diketahui, walaupun e-commerce di Indonesia sedang tumbuh, namun metoda transfer ATM masih menjadi metode pembayaran paling populer. ”Kedepannya kita juga akan menggandeng Paypal, juga sistem instalment alias cicilan,” ujar Edwin sembari tersenyum.

Sales Manager Hotel AryaDuta Lippo Village Emmy Yunarti mengakui, bagi pihak hotel kehadiran situs booking online memang amat penting. Karena di banyak hotel okupansi tamu yang melakukan booking online bisa sangat tinggi. ”Bahkan ada hotel yang 90 persen okupansinya dilakukan secara online,” ujarnya.

Namun, menurut Emmy, yang melakukan hal itu memang lebih banyak wisatawan mancanegara. ”Wisatawan lokal lebih suka mengontak travel agen. Mereka agak malas untuk melakukan booking online,” katanya.

Meski demikian, Anton Toha optimistis dengan dukungan servis serta metoda pembayaran yang sesuai, banyak yang tertarik untuk melakukan online booking. ”Para traveler yang juga pengguna internet di Indonesia jumlahnya sangatlah besar. Ini yang akan kami sasar,” tuturnya.

Layanan Ticktab.com baru akan diluncurkan secara resmi pada 22 November. Perusahaan yang terdaftar sebagai PT Ticktab Reservation Service ini merupakan jaringan dari PT Mahadana Asta Berjangka, perusahaan pialang yang bergerak di bidang perdagangan berjangka derivatif keuangan dalam bentuk Indeks Saham.