GPS dengan fitur lebih
GPS dengan fitur lebih
Honda Freed tipe E dan CR-V 2.0 serta 2.4 kembali mendapat upgrade. Perangkat GPS with Rear Camera diberikan secara cuma-cuma, membuat berkendara lebih mudah, aman, juga menyenangkan.

”Saatnya Punya Honda” adalah program promo yang diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) Agustus silam. Salah satu tujuannya adalah memberikan paket cicilan yang tidak memberatkan konsumen.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan bahwa program ”Saatnya Punya Honda” itu mendapat respons positif dari konsumen.

Pada September silam, misalnya, Honda CR-V membukukan penjualan sebanyak 1.269 unit dan menguasai 26 persen pasar di kelas SUV. Sedangkan di kelas MPV, Honda Freed meraih penjualan sebanyak 1.080 unit, menguasai 10 persen pasar.

Nah, Oktober ini program tersebut kembali mendapat upgrade. Pembeli Honda Freed tipe E dan Honda CR-V 2.0 serta 2.4 mendapatkan bonus berupa navigasi arah berbasis satelit (GPS) yang sudah dilengkapi Rear Camera.

”Perangkat GPS dan Rear Camera bagi Freed tipe E dan Honda CR-V diperuntukkan mendukung gaya hidup konsumen model ini yang semakin dinamis, sehingga semakin menikmati bepergian bersama kendaraan mereka,” ujar Jonfis.

Yosep Swasono Agus, Corporate Communication Manager PT HPM menyebut fitur yang dimiliki GPS tersebut tergolong ”advance”, berbeda dengan yang sudah ada di pasaran saat ini.

Untuk dapat mengeksplor langsung fitur-fitur lebih yang ada di dalamnya, PT HPM mengajak sejumlah media mengikuti acara Cruising in Style with Freed & CR-V pada 12-13 Oktober silam menempuh rute Jakarta-Bandung pergi pulang.

Untuk membuat perjalanannya lebih menantang, perjalanan Jakarta-Bandung harus melalui 6 titik pemberhentian yang lokasinya dirahasiakan (termasuk hotel tempat menginap). Semua harus dicari menggunakan petunjuk GPS.

Perjalanan dimulai di kantor pusat PT HPM, Jl. Gaya Motor 1 Sunter 2, Jakarta. Saya yang mengemudikan Honda CRV 2.4 bersama jurnalis dari Bisnis Indonesia dan Car & Tunning Guide Indonesia langsung menuju ke lokasi pertama. Yakni, salah satu kompleks perumahan di kawasan Cibubur.

Sebelumnya, salah seorang staf Honda menjelaskan bahwa selain dengan melakukan input alamat atau nama tempat, lokasi tujuan juga bisa dicapai dengan memasukkan koordinat. Maka saya pun mengetikkan koordinat S 06 52.065, E 107 37.672 di layar sentuh resisitif piranti GPS tersebut.

Ternyata cara ini jauh lebih mudah. Karena tinggal mengetik angka-angka saja. Beberapa detik kemudian GPS langsung mengunci lokasi tujuan. Kami pun tinggal berjalan mengikuti panduan arah dari GPS.

Sampai di Cibubur, ternyata kami nyaris ”tersesat”. Karena rute GPS mengarahkan mobil kami ke jalan-jalan kecil yang hanya bisa dilalui satu mobil. Berlanjut meninggalkan jalanan beraspal, dan masuk terus ke perkampungan yang rumahnya berhimpitan, melewati pemakaman, menyebrangi jembatan, hingga naik ke jalan berbatu.

Walau jalanan ”off road” yang kami lalui tetap muncul di layar GPS, kami sempat ragu dan bertanya kepada penduduk setempat. Ternyata rute itu memang benar. Rupanya GPS mendeteksi jalan terdekat untuk sampai ke tujuan. Buktinya, setelah melewati jalan berbatu yang menanjak, kami sudah sampai di tujuan.

Ternyata koordinat yang diberikan adalah rumah milik pesinetron Jonas Rivanno Wattimena. Sejak setahun terakhir pemeran sinetron Kemilau Cinta Kamila itu menggunakan Honda Freed untuk menemani aktifitasnya.

”Saya pilih Freed karena kabinnya luas. Saya bisa tidur sambil menunggu syuting. Bagian belakang saya gunakan untuk menyimpan perlengkapan syuting seperti baju dan sepatu yang bisa puluhan pasang,” ujar Jonas.

Setelah melanjutkan perjalanan, salah seorang tim Honda menelpon sambil mewanti-wanti bahwa jalanan Tol Jakarta-Cikampek macet parah karena ada demo. Sebelumnya, handset BlackBerry Onyx milik saya memang sudah terhubung ke GPS melalui koneksi Bluetooth. Sehingga obrolan telepon dilakukan tanpa mengganggu konsentrasi mengemudi.

Pemberhentian selanjutnya adalah tempat peristirahatan kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek. Disini ada petunjuk lagi, sebuah café yang harus dicapai dengan berjalan kaki. Ternyata GPS Honda ini memiliki Pedestrian Mode. Cabut dari dudukannya, maka alat tersebut bisa ditenteng sambil berjalan.

Memang masih ada beberapa keunggulan lain dari advance GPS tersebut. Ada Eco Route yang memunculkan grafik dan angka-angka panduan untuk mengetahui penggunaan konsumsi BBM agar lebih hemat.

Lalu ada Point of Interest (POI), untuk memudahkan mencari lokasi-lokasi penting. Fitur ini cukup berguna ketika kami ingin mencari café dan restoran di Bandung. Saya yang tidak hapal jalanan Bandung tinggal menyentuh menu POI, lantas muncul deretan restoran dan café yang bisa dituju.

Fitur lain, Dealer Navigator, berisi daftar dealer Honda yang ada di seluruh Indonesia. Fitur ini kami manfaatkan saat di Bandung. Karena salah satu titik pemberhentian adalah dealer Honda di Bandung. Kami tidak perlu mengetikkan alamat atau koordinat. Cukup mencari dealer yang dimaksud di menu Dealer Navigator.

Di pemberhentian lain, Cafe Congo yang berlokasi di kawasan Dago Atas, ternyata masih ada satu fitur kejutan lagi. Bahwa GPS tersebut dapat berubah menjadi Rear View Camera.

Visual bagian belakang mobil muncul begitu perseneling masuk ke P. Area belakang mobil terlihat cukup jelas kendati hari sudah menjelang malam. Namun, harus hati-hati. Pengguna tetap harus melihat spion tengah, kanan, dan kiri. Rear Camera ini hanya dimaksudkan untuk memperluas bidang pandang saja.

Secara keseluruhan, kehadiran GPS memang tidak mutlak ada dalam sebuah mobil. Tapi, jika fitur GPS ini ada dan fiturnya ”advance” seperti yang diberikan oleh Honda, maka proses mengemudi berubah dari membosankan menjadi menyenangkan, dan tentunya : aman.

Nyasar ke kampung, ngelewatin jembatan kecil
Nyasar ke kampung, ngelewatin jembatan kecil
lumayan, saya dapat kesempatan "ngepotin" CR-V di Dago Pakar
lumayan, saya dapat kesempatan "ngepotin" CR-V di Dago Pakar
Tanah yang berdebu menambah "cool effect"
Tanah yang berdebu menambah "cool effect"
broom...!!!!
broom...!!!!
Iklan