Jet Li datang di karpet merah grand opening Universal Studios Singapore di Resort Word Sentosa. foto AFP
Jet Li datang di karpet merah grand opening Universal Studios Singapore di Resort Word Sentosa. foto AFP
Memang Universal Studios Singapore (USS) sudah dibuka untuk umum sejak Maret 2010 lalu. Sejak saat itu hingga kunjungan saya pekan lalu atas undangan Resort World Sentosa (RWS) sudah ada 2 juta turis yang datang dari seluruh dunia.

Tapi ternyata selama itu statusnya masih soft opening. Grand Opening-nya baru saja dilakukan pada 29 Mei silam. Mengapa jaraknya bisa begitu lama? Pertanyaan itu sempat terlontar oleh seorang jurnalis dari Hong Kong dalam acara press conference. Ia membandingkannya dengan Hong Kong Disneyland yang hanya butuh sebulan dari soft opening ke grand opening.

Pertanyaan itu dijawab CEO Universal Parks & Resort Tom Williams yang mengatakan bahwa ia ingin memastikan segala sesuatunya berjalan sempurna. Tenggat waktu selama setahun itu juga menjadi proses belajar. Mereka secara aktif meminta komentar dari pengunjung tentang apa yang sudah cukup dan apa yang perlu diperbaiki.

Dalam satu kesempatan memang ada staf surveyor USS yang mendatangi saya dan menanyakan lebih dari 10 pertanyaan. Soal kebersihan dari, harga, makanan, wahana apa yang di favoritkan, dan lainnya. Karena itulah Grand Launching USS ini menjadi penanda bahwa seluruh bagian dari theme park ini sudah perfek.

Acara pembukaan USS dilakukan pada Sabtu (28 Mei 2011) pagi, dengan seremonial dan parade. Tapi, malamnya RWS mengajak 250 media internasional dan 1.600 undangan dalam sebuah party gala dinner bergaya Hollywood. Lengkap dengan red carpetnya.

Digelar red carpet, karena memang ada beberapa selebritis yang datang. Antara lain penyanyi/mantan juri American Idol Paula Abdul, aktor Jet Li dan Maggie Cheung, serta Vicky Zhao Wei.

Si imut Vicki Zhao Wei. foto AFP
Si imut Vicki Zhao Wei. foto AFP
Menurut media lokal Singapura, posisi Paula Abdul itu sedianya ditempati oleh Arnold Schwarzenegger. Sayangnya, karena terkandung skandal perselingkuhan dengan asisten rumah tangganya Mildred Baena, Arnold batal hadir dan digantikan Paula yang kebetulan bersedia.

Masing-masing selebriti ternyata punya kenangan berbeda terhadap theme park. Vicky Zhao, 35, mengatakan bahwa dia selalu menyukai theme park, meski paling takut untuk mencoba roller-coaster. ”Biasanya saya hanya berdiri di samping wahana dan melihat teman-teman saya ketakutan,” katanya sembari tertawa.

Sementara Jet Li mengatakan kepada wartawan bahwa dua anaknya sudah pernah mengunjungi RWS, terutama Universal Studio Singapore, beberapa kali.
Maklum, belakangan ini Jet Li sangat sering mengunjungi Singapura. Pada 2009 ia dilaporkan membeli sebuah bungalow di kawasan Bukit Timah Road, salah satu jalan tertua di Singapura. Tahun ini ia juga berencana mengganti kewarganegaraannya dari Hong Kong ke Singapura.

Jet Li tidak sendirian. Gong Li, si pemeran Memoirs Of A Geisha itu juga menjadi warga Singapura setelah menikahi pengusaha tembakau Ooi Hoe Soeng.
Setelah red carpet dan seremoni, para tamu dijamu dengan acara prasmanan di zona New York. Di kiri dan kanan jalan sepanjang 100an meter tersedia berbagai makanan yang bisa dicoba. Pengalaman yang luar biasa. Foto-foto lengkapnya bisa di klik laman Flickr disamping ya. (bersambung)

Suasana undangan yang memadati zona Hollywood di USS.
Suasana undangan yang memadati zona Hollywood di USS.
Iklan