Google docs, calendar, Picasa, dan lainnya yang bisa diakses gratis
Tahun ini banyak perusahaan besar di Amerika beralih ke teknologi cloud. Di Indonesia tren itu juga berlaku, meski tidak se-masif di amerika.

Cloud akan menjadi gamechanger, teknologi yang akan merubah tren, memiliki impact dahsyat terhadap pasar, bahkan membuat pasar baru.

Apa keuntungan cloud? Antara lain penghematan dan kemudahan. Perusahaan tidak perlu membeli server yang mahal dan membayar “tukang it”, namun tetap mendapatkan keamanan data (dijaminkan penyedia layanan cloud), juga kepraktisan karena semua pekerjaan dilakukan di “awan”.

Itu sekaligus jadi penjelasan paling mudah tentang cloud computing. Pengguna melakukan semua pekerjaan, baik itu pemroses kata (word processing), email, chatting, bahkan excel, lantas menyimpan semua hasilnya di atas awan.

Biasanya, mereka mengakses web atau proxy tertentu, memasukkan username dan password, bekerja, menyimpan pekerjaan, kemudian log out setelah selesai. Praktis.

Bayangkan Anda sedang traveling ke Zimbabwe, misalnya, tidak membawa laptop, namun harus mengakses pekerjaan. Yang Anda lakukan tinggal mencari warnet, log in, dan semua pekerjaan bisa langsung Anda akses. Yang dibutuhkan cuma sebuah komputer dan sambungan internet.

Nah, yang tidak diketahui pengguna internet adalah sebagian dari mereka sudah menggunakan layanan cloud melalui Google. Jika selama ini Anda hanya menggunakn Google Mail saja, well think again. ๐Ÿ˜€


Begitu login ke akun Google Anda, sebenarnya Google sudah menyediakan banyak fitur dahsyat yang mungkin belum tereksplor.

Pertama adalah contact. Saya mensikron contact yang ada di MacBook Pro ke akun Gmail saya. Dampaknya, saat membuka Gmail di tablet Samsung Galaxy Tab saya, Google menanyakan apakah saya ingin mensinkron kontak dari Google Mail ke Gtab. Jawabnya tentu saja ya ๐Ÿ˜€

Kedua adalah kalender. Karena saya menggunakan Gmail sebagai email utama, maka saya dengan mudah mengatur undangan acara liputan yang dikirim ke email ke Google Calendar. Kemudian, saya tinggal sinkron calender di Google ke Galaxy Tab. Lantas, tinggal dibuat Widget deh di Homescreen. Sedap.

Ketiga adalah fitur dahsyat Google Docs. menggunakan aplikasi Word to Go di Galaxy Tab, saya bisa membuka dan mengedit dokumen yang saya simpan di Google Doc, lantas menyimpannya kembali. Di kantor, saya bisa membuka dokumen dari rumah dan sebaliknya. Nah, aktifitas ini sangat terasa โ€œcloudโ€-nya.

Keempat adalah sinkronisadi dengan Picasa. Semua foto yang saya simpan di photo sharing tersebut akan langsung muncul di akun Googl Photos, memudahkan saya untuk upload, download, atau mengirimkannya lewat email. Bahkan, Android akan secara otomatis memberikan thumbnail Picasa saya di Gallery.

Fitur lain seperti Google Buzz, RSS Reader, dan lainnya digunakan sesuai dengan selera Anda. Jadi, tertarik untuk memaksimalkan akun Google Anda?