Kaos Kill Bill yang baru saja datang. Mantaps!
Survey membuktikan, lebih dari 50 persen pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja online. Ini wajar, karena antara pengguna internet dan medianya sendiri sekarang saling melengkapi.

45 juta pengguna internet dan lebih dari 100 juta pengakses mobile internet di Indonesia membuat para netizen semakin akrab dengan berbagai promosi yang ditawarkan di internet.

Di BlackBerry Messenger (BBM), banyak broadcast message yang menawarkan berbagai toko online. Di Facebook, rasanya isi wall hanya tag dari berbagai produk pakaian, makanan, dan lainnya. Dan ketika kita mensearch keyword tertentu di Google, sering muncul toko-toko online yang menawarkan beragam barang sesuai kata yang kita ketik.

Istri saya lebih suka belanja di Facebook karena lebih cepat dapat reply, dan bisa langsung chat dengan penjual. Barang yang ditawarkan, katanya, lebih murah dari di toko.

Sebagai Kaskuser, entah berapa kali saua berbelanja ataupun menjual barang secara online. Banyak banget. Mulai dari kaos, laptop, stiker, hingga berbagai piranti elektronik yang unik. Nah, buat yang penasaran apa sih enaknya belanja online, berikut beberapa diantaranya:


1. Hemat waktu. Tak perlu lagi menapaki kemacetan Jakarta untuk membeli barang tertentu, di toko tertentu.

2. Hemat ongkos. Tidak ada ongkos parkir, bensin, makan, minum dan lainnya.

3. Hemat tenaga. Pakai KlikBCA, uang di transfer dari meja kerja saya. Tak perlu ada ekstra effort markir, jalan, milih, dll.

4. Prosedur pembelian mudah. Pesan bisa lewat SMS, PM, email, dll. Transfer pembayaran lewat mobile banking, atm, atau Kaspay di Kaskus. Udah deh, tinggal nunggu barang datang.

5. Misteri. Mendapatkan paket kiriman adalah hal yang paling menyenangkan. Rasanya seperti mendapat hadiah dari Sinterklas, dan tak sabar untuk membuka pembungkusnya yang terkadang unik2. Sensasi ini tidak akan bisa didapat dari belanja normal.

6. Bisa kapan saja. Saya ngaskus sebelum tidur, disela-sela bekerja, bahkan pagi hari sebelum kerja. Window shopping bisa dilakukan kapan saja.

7. Tidak bising. Jujur saja, saya kurang suka mal. Terlalu ramai, bising, dan males berurusan dengan parkirnya. Dengan belanja online, kebisingan mal dapat dihindari.

8. Membandingkan. Biasanya, dalam belanja online kita lebih cermat untuk membandingkan fitur dan spek dari barang yang akan dibeli.

9. Barang berbeda. Banyak barang-barang di Kaskus yang tidak akan pernah ditemui di toko aksesoris. Favorit saya adalah membeli kaos pre-order yang punya desain aneh-aneh di Kaskus. Esklusif pula, karena hanya dibuat tak lebih dari 15-20 pc per desain.

10. Lebih murah. Murah itu relatif, tapi sejauh ini banyak barang di online shopping yang menawarkan harga lebih murah. Karena mereka tidak terkena pajak toko dan sewa tempat.