farside-four-basic-personality-types_sm Bapak Ilmu Kedokteran Hippocrates (460 SM – 377 SM) tak hanya dikenal sebagai pengubah paradigma ilmu pengobatan berbasis supranatural menjadi diagnosa atau evidence based medicine, tapi juga menjadikan ilmu kedokteran sebagai sebuah art atau seni pengobatan.

Tapi, yang lebih menarik lagi adalah bagaimana ia bisa memetakan empat watak atau kepribadian dasar yang dimiliki manusia. Ada Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang. Orang yang Melankolis, cenderung penuh pikiran, setia, dan tekun. Seorang Koleris, suka petualangan, persuasif, dan ambisius. Terakhir, ada Phlegmatis yang ramah, sabar, puas.

Dari tes di Facebook dan situs Oneishy, dua-duanya mentahbiskan saya sebagai seorang : Sanguin. Haha. Dalam Oneishy, kadar Sanguin saya 43%, diikuti Melancholy 25%, Choleric 20%, serta Phlegmatic 8%.

Ini hasil dari Facebook, seperti kata Roy Suryo, 68% benar! haha.

Anda berbakat di bidang entertainment (hiburan), karena anda populer dimana mana. Mudah sekali dalam bergaul dimana pun anda berada karena anda disukai oleh banyak orang.

Anda berenergi tinggi dan membuat setiap suasana pesta menjadi menyala nyala. Hip hip … hureeey !! Dunia menjadi menyenangkan karena anda!! Sayangnya, karena anda begitu gesit kemana mana, anda jadi suka melupakan banyak hal. Terutama hal detail seperti markir mobil, kunci motor hilang, janji temu teman, kacamata baca, dan lain lain.

Anda tidak betah diam dan berpikir akan sesuatu yang terlalu dalam. Kesukaan pesta dan kekanak kanakan membuat perencanaan adalah suatu mata pelajaran yang membosankan. emosi yang cepat naik dan turun, membuat ia kadang mudah terbawa emosi sekitarnya. Di acara apapun kalau sekitarnya sedih, dia mudah menangis, kalau sekitarnya bahagia, dia mudah tertawa.. dan itu bisa terjadi secara sangat cepat.

hal hal yang perlu terus diatasi setiap hari adalah:
1. Perbanyaklah sebagai pendengar. Anda akan kehilangan banyak kesempatan bila hanya diri anda yang bercerita, terutama kesempatan untuk memperbaiki diri.
2. Fokuslah terhadap tujuan akhir, ingatkanlah diri secara lebih konsisten. Prioritaskanlah kegiatan anda. Anda tidak bisa melakukan hal hal yang disenangi saja dan mencapainya begitu saja.

Ingin coba? Cek disini. atau di Facebook.

Iklan