se1 Saya selalu percaya moto Less Is More milik arsitek Jerman Ludwig Mies van der Rohe. Yang saya artikan kira-kira seperti ini ; semakin sedikit yang kita punya, semakin maksimal kita memanfaatkan sesuatu. Sebaliknya, semakin banyak yang kita miliki, semakin sedikit pula kita memanfaatkannya.

Korelasinya, ketika teman saya meminjamkan BlackBerry Bold untuk di review beberapa waktu lalu. Bukan karena sok gaul atau ikut-ikutan, tapi menurut saya fitur dan fungsi BB memang menggiurkan. Akses internet tanpa batas dimana pun, Internet Messenger 24 jam, dan fasilitas membuka e-mail semudah notepad. Mengasyikan sekali.

Namun, ada beberapa masalah juga setelah saya cari-cari info tentang BB. Pertama, saya menggunakan kartu Halo, sementara Telkomsel dikenal sangat sucks dalam menyediakan fasilitas BB. Malas sekali kalau harus ganti nomer ke Indosat.

Kedua, BB menurut saya overpriced. Haha. Ya, walaupun ada juga yang sedikit miring seperti 8820 second sekitar Rp3 jutaan. Dan ketiga, ukuran BB agak bulky, sementara saya lebih suka ponsel yang ringkas, tipis, dan tak ribet dibawa. Terakhir, tentu saja, fungsi2 BB tadi harus dibayar dengan langganan Rp150-Rp180 ribu per bulan.

Hihi, karena penasaran, saya semalam iseng mengoprek-oprek ponsel standar saya, Sony Ericsson W350i, yang murmer. Dan lihat apa yang saya temukan, ternyata SE menyediakan aplikasi untuk membuka Gmail dan Yahoo mail! Yang bisa diunduh gratis. Saya tak hanya bisa membuka email, tapi juga membalas, bahkan membuka attachment file Word di ponsel mungil ini. Cool.

Saya juga bisa chat di YM! Dengan mengunduh aplikasi ebuddy. Browsing di internet pun lumayan cepat, kendati belum 3G dan interface mobile (tidak menampilkan halaman secara penuh). Toh sejauh ini saya bisa mendapatkan info yang saya mau.

Misalnya saat mencari background film yang saya tonton di wikipedia. Selebihnya itu, saya masih terhibur dengan puluhan game yang saya download gratis melalui forumponsel.com, juga fasilitas musik Walkman. Yeah, ini yang disebut less is more. Ponsel murah, tapi fungsinya meriah. Haha.