Kedatangan saya ke MTV Indonesia Award (MIA) 2008 kemarin malam tidak untuk meliput. Tapi menonton di bangku VVIP. :P. Ini karena saya menjadi salah satu juri MIA, bersama sekitar 10an perwakilan media cetak/radio/elektronik lainnya seperti Rolling Stone, Hai, Hard Rock, ARH Global, Global TV, juga VJ MTV dan sutradara.

Penjuriannya sendiri sudah dilakukan 3 minggu silam di Ke:Kun, Kemang. Setelah melihat klip video, para juri diminta memilih nominasi yang telah dikumpulkan oleh Global TV merunut periode Juni 2007-Juli 2008.

Menurut Cipta Panca L dari Global TV, selain kategori yang sudah spesifik (ex : Best Model in Video Clip), penilaian dilihat dari faktor banyaknya penjualan album, single, performance di stage, dan lainnya. Berikut adalah daftar pemenang dan pilihan saya :

Best Performance
Pemenang : The Changcuters
Pilihan saya : The Changcuters
* Grup ini sangat disiplin dalam berdandan. Sebuah kombinasi apik karena berselaras dengan musik rock yang mereka bawakan, serta performance di panggung yang sangat berenergi dan menghibur.

Best Model on Clip
Pemenang : Marsha Timothy (Permintaan Hati- Letto)
Pilihan saya : Christian Sugiono (Untukmu Slamanya- Ungu)
• Pilihan sulit, karena Marsha dan Tian sama-sama berakting bagus. Tapi, bukan sekali-kalinya Marsha berakting seperti itu. Sementara Tian terlihat sangat menjiwai sebagai petinju dan menurut saya layak diberi kredit lebih. Dan ya, saya penggemar berat tinju :P.

Most Breaktrough Artist
Pemenang : D’Massive
Pilihan saya : The Changcuters
Lagi-lagi keduanya punya kans sama. The Changcuters melesat bak roket. Dari iklan, film layar lebar, hingga panggung utama di Soundrenalin (D’Massive hanya dijatah panggung no 3). Tapi rupanya lagu metal (mellow total) D’Massive lebih mudah membangun adiksi di kalangan Massivers dibanding rock catchy Changcuters. Dan ya, D’Massive adalah salah satu new comer yang paling berkarakter musiknya.

Best Video of The Year
Pemenang : Letto – Permintaan Hati
Pilihan saya : Letto – Permintaan Hati
Gambar-gambar yang disuguhkan Hanung Bramantyo dalam video klip Opick memang bermakna dalam dan mampu mengekspresikan lagunya yang menyentuh. Tapi, Permintaan Hati yang dikemas bak film pendek lebih catchy. Beralur mundur, berdialog, dan puitis. That should be enough.

Most Favourite Band
Pemenang : Yovie & Nuno
Pilihan saya : Yovie & Nuno
Penghargaan di MTV Asia Awards 2008 sudah menunjukkan betapa musik pop solid khas remaja ini bisa jumawa saat diadu dengan grup mancanegara.

Most Favourite Female
Pemenang : Agnes Monica
Pilihan saya : Mulan Jameela
Ow, come on, Agnes was sooo over. she’s way overrated. Jelas, ini tahunnya Mulan. Hits yang “beracun’, klip yang jadi high rotation di TV, show manggung padat, belum print dan TV ad yang berjubel. Bahkan, pembantu kos saya pun lebih bisa menyanyikan “aku buuukan..Wonder Womanmuuu..” daripada mengingat salah satu single terbaru Agnes.

Best Cutting Edge Artist
Pemenang : Efek Rumah Kaca
Pilihan saya : Efek Rumah Kaca
Saya tidak mengerti mengapa Global memasukkan Netral, J-Rock, dan Maliq n’dessentials ke dalam kategori cutting edge. Karena interms of cutting edge, jelas ERK melenggang tanpa saingan.

Most Favourite Male
Pemenang : Afgan
Pilihan saya : Afgan
It obvious.

Foto Prisa : Akung

Iklan