Johnny’s Vintage Eyeglasses

Kacamata vintage hitam/coklat tua berframe tebal kali pertama dipopulerkan oleh penyanyi rock and roll Buddy Holly pada 1940-1950an. Queen, Sir Elton John, Paul O’Grady, serta mantan PM Inggris Tony Blair pun pernah menggunakannya.

Tren itu lantas populer kembali pada 1990-an setelah mastermind Weezer Rivers Cuomo mempopulerkan gaya geek. Toh, terlepas dari dorky glasses yang digunakannya, para Weezerian, sebutan fans berat Weezer, semakin memujanya. Ya, bahkan Weezer juga menulis lagu bertajuk Buddy Holly di album debut Weezer (1994). Oh ya, hampir lupa, vokalis Blur Damon Albarn pun terlihat sangat cool dengan kacamata tebal dan hoodie-nya di klip video Coffee & TV.

Di awal millennium, Harry Potter membuktikan bahwa kacamata bundar besar bukanlah halangan untuk menjadikannya ikon yang dipuja fans diseluruh dunia. Meski demikian, hanya Johnny Depp lah yang membuat kacamata vintage yang sangat tidak cool itu jadi begitu populer hingga terlihat keren untuk ditiru. Survey yang dilakukan situs Telegraph.co.uk bahkan mencatat bahwa Johnny Depp berada di posisi pertama selebritis yang membuat anak-anak lebih percaya diri menggunakan kacamata.

Seingat saya, Depp terlihat mengenakan kacamata hitam old school-nya itu ketika menghadiri pemutaran perdana film ketiga Pirates of the Caribbean: At World’s End besutan Gore Verbinski pada Mei 2007. Sejak itulah kacamata vintage langsung booming.

Saya ingat, Nicholas Saputra adalah salah satu selebritis Indonesia pertama yang menggunakan kacamata vintage. Kalau tidak salah saat berfoto di karpet merah MTV Asia Awards di Singapura pada pertengahan 2007. Walau menurut saya sih, struktur mukanya tidak cocok dengan kacamata yang dikenakan.

Dan kemudian sejak awal 2008 ini, rasanya hampir semua cowok ingin mengunakan kacamata ala Johnny Depp. Agus Ringgo pake, pacar Dian Sastro yang music director di Prambors FM itu, lalu Vino Bastian yang ketemu saya minggu lalu di Pondok Indah 2. Dan masih banyak lainnya. Prediksi saya sih, tren kacamata ini bakal bertahan, well at least hingga 1.5 tahun lagi, sampai Johnny punya kacamata baru yang bisa ditiru. Hahaha.


Tinggalkan komentar...



Categories: DAILY BLOG

5 replies

  1. go and grab kacamata vintage generiknya..
    krn yg bermerek ray ban atau paul smith, muahal…

    hehehe

  2. mau generik kek mau cengdem kek, yang penting gaya 😛

  3. susah nyarinya di sini..

  4. “disini”-nya dimana bos? di jakarta banyak kok. murah2 lagi. kayaknya di mangga dua juga dijual deh, secara sekarang lagi “hip” banget. wakaka

  5. itu lu cari aja rayban wayfarer, banyak bung di jakarta raya ini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: