Salah satu adegan yang membuat Rob Cohen, sutradara The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor, kebingungan adalah laga final antara Rick O’Connell (Brendan Fraser) dan Kaisar Han (Jet Li). Problemnya, bagaimana mengemas gaya bertarung Rick agar terlihat keren saat melawan style kung fu si Kaisar.

Cohen, sutradara The Fast and the Furious dan Dragonheart itu akhirnya come up dengan ide brilian. “Saya memilih gaya bertarung Krav Maga, street style!,” katanya. Hasilnya pun not bad lah. Fraser terlihat cukup bisa mengimbangi Jet Li.

Pertanyaannya, what the heck is Krav Maga?

Singkatnya, Krav Maga adalah cabang ilmu bela diri yang dikembangkan di Israel. Tujuan utamanya sih, untuk melatih tentara Israel melawan tentara Hezbollah. Huh, dasar Yahudi. Namun, pada perkembangannya, Krav Maga di populerkan ke masyarakat umum dengan beberapa modifikasi.

Intinya, latihan yang ditekankan Krav Maga adalah RBSD atau Reality-based Self-defense. Yakni menitik beratkan latihan pada sisi pembelaan diri didalam kondisi mendekati sebenarnya. Termasuk, dikeroyok dengan beberapa orang.

Dalam episode Fight Quest : Israel, Doug Anderson dan Jimmy Smith sempat kewalahan saat menghadapi final tes, dimana mereka dihadapkan pada 10-15 orang secara simultan. Belum lagi training fisik gila-gilaan serta drills tanpa henti yang menghisap oksigen di jantung. Check out the picture, when Jimmy trying to take out several opponents.

”You need to get up and keep fighting. You going to attack no matter what,” kata instruktur mereka. Prinsip utama Krav Maga memang menciptakan mindset agar murid merasakan kondisi perkelahian secara nyata. Salah satunya menempatkan seseorang seolah-olah dalam kondisi terkeroyok (multiple attacker), ataupun menghadapi lawan bersenjata seperti pisau atau tongkat.

Dalam satu adegan, Jimmy didorong-dorong dengan 5-10 orang menggunakan kicking bag. Itu saja sudah membuatnya kehabisan nafas. “Krav Maga bukanlah jiujitsu, Mixed Martial Arts, atau Thaiboxing, melainkan masalah hidup dan mati,” kata instruktur Krav Maga itu.

Selain Jiujitsu dan tinju, Krav Maga ini bagi saya seduktif sekali. Dari googling, ternyata ada juga istrukturnya di Jakarta, meski muridnya terbatas beberapa orang saja. Saya sudah mengontak dua diantaranya (mereka punya blog :P), dan mendapat tanggapan positif. Well, kita lihat saja kelanjutannya nanti. He he he.

Iklan