Seandainya punya Rp450an juta untuk membeli sebuah sedan premium, mana yang akan dipilih? Toyota Camry 2.4 V seharga Rp421 juta, All New Full Size Honda Accord 2.4L seharga Rp428 juta, Nissan Teana 2.3L sekitar Rp410 juta, atau malah New Mazda6 dengan banderol Rp410 juta? Tanyakan itu pada Doni, maka dia tak ragu untuk menjawab New Mazda6. Dia sudah jatuh cinta saat meliput peluncuran premium midsize sedan itu, dan makin tergila-gila setelah melakukan test drive.

Dalam artikelnya, dia ungkap pula soal Kizuna, yakni istilah dalam bahasa Jepang untuk menggambarkan ikatan emosional yang terjalin antara sebuah mobil dengan pemiliknya. โ€Kizuna benar-benar aku rasakan. Ini adalah salah satu mobil terbaik yang pernah kucoba,โ€ katanya. Duile segitunya pret.

Bila Rudi Borgenheimer, President & CEO PT Mercedes-Benz Indonesia membagi lima varian Mercedez terbaru sesuai karakter pengendaranya, maka saya tak mau kalah berpendapat. Accord, Camry, dan Teana adalah mobil untuk CEO, pengusaha, dan pejabat yang ingin terlihat eksklusif. Sementara Mazda6 wajib dimiliki eksekutif muda yang ingin tampil sporty dan dinamis.

Bonnet hingga buritan Mazda6 berkarakter tegas dan lembut. Kabin kedap suara plus audio system Bose membuat macet lagi jadi siksaan. Soal performanya, wow, mesin MZR 2.5 L 4 silindernya menyalak, membuat Mazda6 susah diajak jalan pelan. Ketagihan injak gas, istilah Doni.

Tarikannya sangat spontan, transmisi activematic-nya juga halus. Paddle shift tak hanya kewl, tapi juga berguna menjaga konsentrasi saat berada di kecepatan tinggi. Kontrol traksi dan cengkraman ABSnya pun sangat cekat.

Suspensi hight-mount double wishbone di depan dan E-type multilink di belakang tak hanya empuk saat merapal jalan berlobang, tapi juga membuat handling lebih stabil. Ini yang membuat mengemudikan Mazda6 tak ubahnya melumat marshmallow yang lumer dimulut. Begitu lembutnya sampai-sampai membuat saya merasa duduk bermain game arcade racing di Timezone.

Sunroof memang tidak terlalu berguna di Indonesia. Tapi, bermanfaat bagi kami untuk merokok di dalam mobil dengan menghidupkan AC tanpa membuka jendela. Hahaha. Ya, kami sekampungan itu.

Terakhir, warnanya yang putih itu, ya ampun, membuatnya sangat catchy dan seksi sekaligus. Seperti memandangi Heidi Klum mengenakan lingerie Victoria Secret. Seluruh lekuk bodinya begitu sempurna, nyaris tanpa cacat.

Iklan