“Was she beautiful Beowulf? A beauty so costly?” Tanya Ratu Wealthow kepada Beowulf, ksatria pemberani yang kini memegang tampuk Raja. Beowulf tampak tercekat. Pandangannya nanar, dengan pedang yang sudah terhunus di sarung. Ia siap bertempur.

“Beautiful. And full of fine promises. I was weak. I’m sorry, so sorry,” akunya. Semua sudah terbongkar. Tidak ada lagi kebohongan dan rahasia yang bisa ia tutupi. Begitupun permintaan maafnya yang sudah terlambat.

Saat ini seekor naga emas sedang meluluhlantakkan kerajaannya dengan semburan bola api panas. Membunuhi ratusan penduduk desa, membuat puluhan rumah menjadi abu. Makhluk itu, berbeda dengan monster yang biasa ia hunus dengan pedangnya. Sebab, monster itu muncul sebagai bagian dari masa lalunya yang kelam. Sebuah terror yang kini mengejar dan menghantuinya kembali. Dan hanya dialah orang yang bisa mengakhirinya.

Film Beowulf baru saya tonton tadi malam. Dan saya menyesal mengapa tidak menonton film ini di bioskop. Saya menyesal menyangsikan kepiawaian Robert Zemeckis menyempurnakan teknologi 3D hingga tak berbeda dengan film live action.

Film ini punya cerita yang solid, alur sederhana, dan supermenghibur. Semua ada pada tempatnya. Apalagi munculnya kejutan naga, mahluk yang paling saya favoritkan dalam genre film fantasi.

Dongeng Beowulf, yang populer di Denmark, berintikan dua ambisi terbesar seorang ksatria pada saat itu : seks (wanita) dan kekuasaan. Seharusnya, Beowulf, yang baru saja menghabisi monster berwajah buruk bernama Grendel, membunuh pula ibu Grendel.

Sayangnya, ibu Grendel (diperankan Angelina Jolie) tak seperti monster yang umumnya mengerikan dan ganas. Monster itu berwujud wanita cantik dan seduktif. Bukan tidak mungkin baginya untuk membunuh sang monster, namun ibu Grendel menawarkan dua hal yang rasanya tidak bisa ia tolak, seks dan kekuasaan. Maka pulanglah Beowulf dengan kebohongan. Tak sadar, kutukannya kembali menghantuinya berpuluh-puluh tahun kedepan.

NB : saya mulai menonton DVD lagi karena baru saja membeli DVD player baru. Tidak lagi skip-skip dan mengeluarkan sound sember. Sekarang nonton pun bersemangat lagi. hehehe.