Perubahan

Di posisi sekarang ini, saya punya tugas baru. Membuat format halaman jadi lebih bagus. Terdengar sepele kan? Ternyata kalau di breakdown lagi, rinciannya lumayan banyak lho. Dari menentukan rubrikasi, mengubah konsep halaman, menambah ini itu, menyesuaikan, menyelipkan, mengkoordinas…ah. banyak lah pokoknya.

Intinya sih, bos saya kurang puas dengan tampilan yang sekarang. Saya sendiri setuju. Meski ada beberapa yang positif, tapi overall masih compang-camping. Dulu sih saya coba tutup mata, pura-pura tidak peduli. Toh, kalau saya mengusulkan ini itu, kok kayaknya sok ikut campur. Nanti dituduh cari muka. Jadi ya, saya diam saja.

Sekarang ini saya lebih punya kekuatan untuk bernego. Ya, saya tidak bilang ide saya lebih baik, paling baik. Tapi, kalau ada inisiatif mengadakan perubahan menuju arah yang lebih baik, kenapa nggak dicoba? Ya kan?

Jadilah sejak akhir pekan kemarin saya berkutat mencari info format yang cocok, ya di internet, di blog, di freemagz, majalah, koran, koran luar negeri, TV, TV berlangganan, DVD, comot sana sini, lirik ini itu, akhirnya beberapa konsep telah tersusun. Untunglah Tuhan membantu, ide datang mengalir seperti air wudhu ditelapak tangan. Nyaris tak tertampung.

Dan setelah blue print-nya saya presentasikan di hadapan bos, 90 persen dia setuju. Sekali lagi bersyukur, im on the right track. Sekarang tinggal realisasi.

Saya paham, nantinya perubahan ini tidak akan serta merta disambut positif oleh yang lain. Apalagi, kalau misalnya benar terwujud, perubahannya cukup signifikan, bisa mencapai 30-40 persen. Pastinya, nanti ada konfrontasi, friksi, gesekan, terutama bagi mereka yang sudah ada di comfort zone, begitu juga yang merasa “daerah”-nya di obok-obok.

Keluhan-keluhan juga akan datang, karena perubahan ini tak hanya menuntut mereka memberikan effort lebih banyak, tapi juga menguras pikiran, untuk lebih kreatif dalam menelurkan ide. Terus terang, saya sendiri deg-degan. Bisa nggak ya konsep ini berjalan? Sudah cukup belum SDM-nya? Karena tanpa tim work yang solid, hasilnya dipastikan jomplang.

Tapi insyaallah, saya optimistis kalau saja semua bisa berjalan lancar dan bergulir pada tempatnya, hasil lebih baik bakal tercapai. Dan, kalau perubahan ke arah lebih baik itu sudah mulai dirasakan, kita semua akan tersenyum bersama. Insyaallah.


Tinggalkan komentar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.